cookieOptions = {...}; Cara merawat kucing tanpa induk | Animal Concern

Sunday, November 16, 2014

Cara merawat kucing tanpa induk

Sering kali kita saat jalan- jalan ataupun melakukan kegiatan lainnya melihat anak kucing tanpa induknya. Padahal mereka masih sangat kecil dan sangat memerlukan induknya. 
Memang sudah sewajarnya kita merasa kasihan dan ingin mengadopsib anak kucing yang di buang namun sebelum melakukannya pertimbangkan beberapa hal:
  • kemungkinan induk kucing meninggalkan anaknaya dan akan kembali lagi 
    • Kumpulkan kesabaran dan tunggulah kemunculan sang induk kucing. Tunggulah kemungkinan sang induk sedang mencari makan ataukan mau memindahkan anaknya ke tempat lain. Amatilah baik- baik apakah kucing benar- benar tanpa induk ataupun hanya ditinggalkan sementara saja. 
    • Untuk mengamati tentu saja sobat tidak boleh dekat- dekat dengan anaknya karena induknya tidak akan mau mendekati anaknya. Berdirilah cukup jauh dari agar lepas dari pandangan induk kucing ataupun meninggalkan anak- anak kucing tersebut agar induk kucing merasa nyaman. Namun sebelum meniggalkan anak- anak kucing tersebut pastikan anak- anak kucing tidak dalam bahaya. Misalnya kemungkinan mereka kehujanan, terlindas mobil, jatuh ke selokan, maupun orang ataupun hewan- hewan yang dapat membahayakan kucing tersebut.
    • Menunggu sobat, tentu tidak sepuluh ataupun dua puluh menit, ini akan memakan waktu berjam-jam agar sobat tidak salah langkah dan terburu- buru untuk mengadopsi kucing karena induk kucing terutama kucing liar sangat sensitif dan sulit didekati. Mereka tidak akan mendekati anaknya jika merasa terancam. Jadi tunggulah sesabar mungkin. Karena anak kucing sangat membutuhkan induknya karena mereka masih menyusu dan membutuhkan kehangatan induknya
    • Jika penantian sobat berujung dengan kembalinya induk kucing berarti si anak kucing tidak piatu namun sobat dapat memberi sumbangsih dengan memberi makan mereka maupun mengadopsi bersama induknya. Namun ingat sobat kucing terutama kucing liar cukup sulit untuk di dekati. Jadi jangan memaksa mereka apabila sang induk masih menghindar ataupun berlari apabila melihat sobat :D Pelajarilah cara mendekati anak kucing dan mendekati induk kucing. Berikan makanan pada jarak tertentu dari mereka karena induk kucing tidak suka adanya kucing lain disekitar anaknya. Jika sobat memang ingin mengadopsi anak- anak kucing tersebut tunggulah hingga mereka berusia 1,5bulan atau 6minggu. Karena 6 minggu adalah usia tersebut kucing sudah tidak terlalu bergantung  dengan induknya.


  • Namun apabila setelah lama ditunggu induk kucing tidak kembali entah karena anak kucing tersebut benar- benar dibuant ataupun induknya mati ataupun hal lainnya namun sobat perlu kembali lagi ketempat itu esoknya untuk memastikan bahwa anak- anak kucing tersebut tidak berinduk. Memelihara kucing tanpa induk perhatikan bahwa anak kucing selama beberapa minggu pertama kehidupan adalah makanan, kehangatan, dan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannuya. Dalam kasus pertama induk kembali, sobat hanya melihat induk kucing melakukan tugasnya.
Jadi hal yang sangat mutlak sobat lakukan apabila menemukan anak kucing tanpa induk adalah dengan menemukan induk tiri karena seekor induk kucing mau menyusui anak kucing lain. Jadi carilah induk tiri kucing pada saudara, tetangga, dokter hewan, peternak kucing atau siapapun yang memiliki induk kucing. Namun jika tidak ada, itu berarti ditangang sobatlah nasibnya ditentukan.Tapi jangan panik, ada beberapa langkah mudah, yaitu:
v Pertama tentukan umur anak kucing yang temukan, ada beberapa cara:
  1. sikap
    • Mata tertutup, telinga dilipat - anak kucing berumur 1 - 14 hari 
    • Mata terbuka, kucing bergerak di sekitar tapi goyah berumur 2-3 minggu 
    • Mata terbuka, telinga up, bisa berkeliling berumur 3-4 minggu
    • Berlarian dan sulit atau tidak mungkin untuk dinangkap 4-8 minggu
    • anak kucing yang berumur 1-3 minggu memerlukan botol susu.
    • dan umur 3 minggu atau lebih dapat diberikan makanan lembut, tapi mungkin perlu susu botol. 
  2. tali pusat terlampir berumur 3 hari atau lebih muda.
  3. Mata: 
    • anak kucing mulai membuka pada 7-8 hari dan terbuka secara sempurna pada hari ke-10 
    • Mata mereka biasanya berubah dari biru menjadi biru / abu-abu kemudian kuning / hijau saat berusia antara 6.5-7 minggu 
  4. Gigi, cara lain untuk usia anak-anak kucing adalah dengan gigi. 
    • Gigi bayi:
    1. Gigi di tengah (4) gigi seri (gigi depan antara gigi taring) 2-3 minggu 
    2. Gigi seri luar (masih berada di antara gigi taring) 3-4 minggu 
    3. Anjing 3-4 minggu 
    4. Geraham atas (disebut premolar a) 2 bulan (8 minggu) 
    5. Geraham lebih rendah (disebut premolar a) 4-5 minggu
    • Gigi dewasa:
      1. Gigi di tengah(4) gigi seri (gigi depan antara gigi taring) 3-1/2 sampai 4 bulan (14-16 minggu) 
      2. Gigi seri di pinggir(masih dipukuli taring) 4 sampai 4-1/2 bulan (16-18 minggu) 
      3. Anjing 5 bulan 
      4. Geraham atas (disebut premolar a) 4-1/2 sampai 6 bulan (tergantung pada gigi) 
      5. Geraham lebih rendah (disebut premolar a) 5-6 bulan untuk semua 
      6. Molar atas di belakang, tidak ada gigi bayi, hanya molar pada 4-5 bulan
  5. Mobilitas:
    • Anak kucing tidak stabil pada kaki mereka sampai mereka sekitar 4 minggu usia dan dapat berjalan dengan cukup baik oleh 5 minggu. 
    • Jika sobat melihat anak kucing yang berjalan di sekitar halaman, mereka setidaknya berusia 5-6 minggu.
  6. Memakan makanan
    • Anak kucing umumnya makan sendiri saat berusia antara 5 -6 minggu . 
    • Beberapa kucing dapat makan pada umur 4 minggu namun juga ada yang dapat makan setelah berumur 8 minggu.
    • Anak-anak kucing yang lebih tua yang menolak untuk tidak menyusu umumnya membutuhkan kasih sayang dan perhatian.
v  Jika tampaknya anak kucing masih kecil dan butuh susu, hati-hati memberikannya minum di botol dengan formula pengganti ASI (air susu induk :) ). Umumnya, anak kucing berumur satu-dua minggu perlu makan sekali dua jam. Dan hal yang sangat perlu diingat adalah jangan pernah memberi makan susu sapi pada kucing, karena anak kucing tidak dapat mencerna kandungan laktosa pada susu sapi yang herbivora sehingga anak kucing diare ataupun gangguan usus lainnya.
v  Lalu perhatikan juga apakah kucing kedinginan, jika sobat menemukan anak kucing kedinginan hangat ia secara perlahan melalui telapak tangan sehingga kucing dapat menyerap panas tubuh sobat atau jika telapak tangan dingin hangatkan ia melalui ketiak. Sebagian besar energi kucing muda yang diperlukan untuk pertumbuhan dan berteriak untuk lebih banyak makanan, sehingga tidak banyak tersisa untuk generasi panas. Biasanya induk kucing yang akan memberikan kehangatan.
v  Selama minggu pertama mereka, anak kucing harus dijaga pada suhu antara 31-33oC. Namun jangan mencoba untuk merendamnya di air hangat ataupun cara lain yang memanaskan tubuh mereka secara instan. Dingin adalah bahaya terbesar bagi anak-anak kucing. Selama dua minggu ke depan mereka masih membutuhkan suhu 27oC atau lebih. Ketika mereka mencapai lima minggu atau sehingga mereka dapat mentolerir suhu kamar yang lebih rendah.
v  Jangan beri anak kucing makanan yang dingin untuk memberi makan anak kucing dan jangan memandikan kucing kecuali benar-benar diperlukan. Jika anak kucing tampaknya perlu mandi, suhu tubuhnya harus normal, sekitar 32oC. Lebih baik menyisir kutunya jika ia memiliki kutu.Setelah di keringkan kucing secepatnya di panaskan. Jangan juga menggunakan hair dryer.
v  Jika memungkinkan periksa anak kucing ke dokter hewan untuk diperiksa untuk dehidrasi dan kondisi lainnya. Anak kucing dapat mengalami dehidrasi sangat cepat tanpa seorang induknya dan mungkin perlu di infus. Kittens yang dehidrasi karena kekurangan cairan atau diare energinya sangat sedikit sehingga tidak ada nafsu makan, jadi ini penting untuk perawatan segera. Kotoran harus diperiksa untuk cacing dan parasit. Dokter hewan dapat memberikan saran cara membesarkan anak kucing serta persediaan yang dibutuhkan, jadi jangan melewatkan langkah ini.
Semoga dengan artikel ini kita dapat menyelamatkan kucing tanpa induk.

source:
OOTC. 2013. "What to Do (and not do) If You Find a Newborn Kitten". http://www.animalalliancenyc.org/. 5 Juli 2014
Feral Cat Coalition. 2014. "Raising Orphan Kittens". http://www.feralcat.com/. 5 Juli 2014
ASPCA. "Newborn Kitten Care". http://www.aspca.org/. 5 Juli 2014
Freeman, Sue. "Orphaned Kittens" http://www.rescueguide.com/. 5 Juli 2014
HAL. 2002. "Kitten Care". http://www.homeatlastrescue.org/. 5 Juli 2014
Burbeck, Lynn. "How to Take Care of a Newborn Kitten Without a Mother". http://www.ehow.com/. 5 Juli 2014

 

Owner

Unknown
locked
View my complete profile

Followers